Beranda > Rock > Mattias Eklundh; Gitaris Inovatif

Mattias Eklundh; Gitaris Inovatif

Mattias Eklundh

Mattias Ia Eklundh mulai bermain musik sebagai drummer pada umur 6 tahun setelah ia membeli album KISS “Destroyer”. Ayahnya bernama Bernt dan ibunya bernama Inga, Mattias juga memiliki empat kakak wanita Nettan (Anette), Nilla (Gunilla), Gittan (Birgitta) dan Mulle (Karin).

Nama kecil Ia adalah kependekan atau nickname dari Mattias.

Ia melihat Frank Zappa ketika berumur 11 tahun, dan segera mengubah cara pandangnya terhadap musik untuk selamanya dan sekaligus menjadi big fan dari Zappa. Menurut Mattias dia adalah pencerminan dari influence Zappa serta Kiss. Pada umur 13 tahun ia kemudian beralih ke gitar dan mulai berlatih secara fanatik. Secara otodidak ia mempelajari instrumen gitar dengan meminjam beberapa buku dari perpustakaan untuk memahami music theory.

Setelah membentuk sebuah band dengan nama Frozen Eyes dan merekam album dengan judul yg sama di tahun 1988 (Burns Records) Mattias berpindah ke Copenhagen untuk bergabung dengan sebuah band Denmark Fate. Di tahun 1991 Fate merelease “Scratch ‘n Sniff” (EMI) dan Mattias dinobatkan sebagai ” The guitar player of the 90’s” di beberapa majalah Jepang. Setelah melihat sisi buruk dari cara kerja dunia industry showbiz, Mattias memutuskan untuk bergerak dan membentuk Freak Kitchen di tahun 1992.

Di tahun 1995 Mattias merelease debut video lesson “Freak Guitar vol.1” (Thunderstruck prod). Di samping hal lainnya Ia memperagakan utk menggunakan hose-clips serta remote controls di dalam video yang sangat unorthodox. Ia berencana untuk membuat “sequel” dari Freak Guitar vol.1″ yang berjudul “Freak Guitar vol.2 …the revenge”.

Mattias juga adalah “the man” dibelakang topeng karet bernama Mr. Libido dan merelease album yang aneh berjudul “Sensually Primitive” di musim semi 1997.

Eklundh sering mengadakan tour serta seminar keliling dunia untuk memperkenalkan style aneh dari permainan gitarnya.

Di musim gugur 1999 album solo Freak Guitar direlease, sebuah monumental, six stringed roller coaster. Freak Guitar sukses mengejutkan semua orang dan masih direlease di berbagai wilayah bagian dari dunia, terakhir Steve Vai dan Favored Nations merelease ulang. Berisikan 20 original track, termasuk sebuah lagu yang diinterpretasikannya secara pribadi dari lagu KISS’ “Detroit Rock City” dan “La Bamba”. Harus mendengar secara seksama untuk mempercayainya.

Sebelum Ia mengkonsentrasikan diri menulis serta memproduseri album Freak Kitchen di musim dingin 2000 “Dead Soul Men”, Mattias mengkontribusikan sebuah karya instrumental berjudul “Yngwie 2000” di album Malmsteen tribute berjudul Guitar Odyssey. Ia juga berpartisipasi di album Jason Becker tribute “Warmth in the Wilderness” dengan original tracknya “Lydia’s House”.

Mattias di masa kini diperhitungkan sebagai salah satu gitaris yg sangat inovative secara global dari perkembangan jaman “guitar nerds” ke musik freaks sesungguhnya. Kemasan lagu yang minimalist dan pendekatan Mattias bermain gitar sangat mengejutkan para konsumen industri rekaman serta para jurnalis di seluruh dunia. Dan permainan gitarnya tidak mengesankan menggunakan effect gitar serta processor yang mahal, di samping terkadang kita mendengar suara sedikit “outlandish”. Ia menerima banyak mail setiap hari dari semua orang yang menanyakannya type dari whammy pedal yang dia punya. Ia menganggap in sangat menakjubkan buatnya.

***

Forum Mattias Eklundh: http://musisi.com/forum/showthread.php?2827-Mattias-Eklundh-(Freak-Kitchen)

Editor: Ponco Soendjojo (pontjoikj@yahoo.com)

Kategori:Rock Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: