Beranda > Jazz > Hendra Wijaya; Pakar Musik Ragtime

Hendra Wijaya; Pakar Musik Ragtime

Agustus 23, 2011

Hendra Wijaya

Sangat sedikit pianis jazz Indonesia yang memiliki ketrampilan luar biasa memainkan dixieland maupun ragtime dengan sempurna. Salah satunya adalah almarhum Hendra Wijaya. Jari- jemarinya dengan cepat menelusuri rusuk tuts piano memainkan struktur melodi ragtime yang khas. Tak berlebihan jika kita menderetkan Hendra Wijaya sebagai maestro piano ragtime.

Sebetulnya sosok Hendra Wijaya awalnya justeru lebih dikenal sebagai kampiun electone. Pada tahun 1973, Hendra Wijaya berhasil menjadi Juara I Festival Electone Tingkat Nasional di Jakarta. Disini memang telah terlihat kepiawaian Hendra dalam memainkan perangkat keyboards. Hendra Wijaya terbukti bukan jago kandang. Saat berangkat ke Tokyo, Jepang, mewakili Indonesia dalam Festival Electone International, misalnya, dia berhasil (lagi) mencetak prestasi luar biasa: menjadi Juara dunia ke-2. Sejak saat itu sosok Hendra mulai diperhitungkan sepak terjangnya di kancah musik Indonesia.

Pada tahun 1981, Ireng Maulana, mantan gitaris Eka Sapta mengajak Hendra Wijaya bergabung dalam kelompoknya Ireng Maulana All Stars, bersama Rony Isani (bas), Eto Latumeten ( trumpet), Udhin Zach (saxophone, flute), Yan Halim (drum), Pramono (trombone). Kelompok ini lalu merilis album “Jazz Tempo Doeloe”, dibawah label Sumber Ria Record, pada tahun 1982. Sederet komposisi pop dan daerah dibawakan dengan arransemen Dixie dan ragtime yang lincah, seperti komposisi Berita Kepada Kawan (Ebiet G Ade), Mimpi (D&R), Dek Sangke, O Ina Ni Ke Ke, Goro Gorone, serta komposisi-komposisi ragtime seperti Tiger Rag, Black and White Rag, maupun Chewin’ Rag. Sejak saat itu Hendra Wijaya tak pernah lepas dari Ireng Maulana All Stars, baik dalam rekaman maupun pertunjukan termasuk menjadi home band di acara kuis musik, Berpacu Dalam Melodi, yang digagas Ani Sumadi di TVRI.

Hendra Wijaya menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 6 November 2005, karena mengidap kanker. Sebelum meninggal dunia, Hendra Wijaya bersama Ireng Maulana All Stars masih sempat merilis album Sweet Jazzy, yang diedarkan oleh Platinum Record.

DISKOGRAFI :

1. Jazz Tempo Doeloe – Ireng Maulana All Stars (Sumber Ria, 1982)

2. Dixieland & Ragtime – Hendra Wijaya (Granada Record, 1983)

3. Sweet Jazzy – Ireng Maulana & Friends (Platinum, 2005)

Nama Lengkap : Hendra Wijaya | Tanggal Lahir : Palembang, 7 Maret 1949
Meninggal : Jakarta, 6 November 2005

Sumber: horizon-line.com 

***

%d blogger menyukai ini: