Beranda > Jazz > Olle Pattiselano; Separuh Nafas Untuk Jazz

Olle Pattiselano; Separuh Nafas Untuk Jazz

Patti Selano

Oele Pattiselanno memperdalam dan mengembangkan permainan gitarnya secara otodidak. Ia sempat pula belajar pada Jack Lesmana (waktu itu masih bernama Jack Lemmers) di Surabaya; namun hanya sebentar, karena Jack Lesmana pindah ke Jakarta. Oele sempat gabung dengan band Cressendo (1963), di mana kedua adiknya juga gabung, yaitu Perry Pattiselanno (bas) dan Jacky Pattiselanno (drums). Juga dua orang temannya, yaitu Didi Soekarno dan Denny Jossal. Grup tersebut tampil di berbagai tempat hiburan, memainkan berbagai jenis musik (jazz, pop, Latin).

Tahun 1968 Oele pindah ke Bandung untuk main di Hotel Savoy Homman. Bersama kedua adiknya (Perry dan Jacky) ditambah Wimpy Pattipelohi, mendirikan grup Savoy Rhythms yang bertugas mengiring dansa secara rutin di Hotel Savoy Homman. Namun, mereka juga punya kesempatan untuk main di tempat pesta. Waktu itu, di Bandung juga terdapat grup bernama Cressendo yang membawakan musik jazz; grup tersebut didukung antara lain oleh Benny Likumahua, Jong, Bunci dan Freddy T. Awal tahun 1970, Oele diajak gabung dengan grup Jazz Riders di Jakarta. Yang mengajaknya adalah drummer grup tersebut, yaitu Hanni Joseph. Oele diminta gabung, karena gitaris Jazz Riders bernama John Apitule, meninggal dunia (setelah menderita pembengkakan pada limpha.

Maka sejak awal 1970, Oele pindah ke Jakarta (juga bersama kedua adiknya: Perry dan Jacky). Di Jakarta, Oele bertemu dengan Jack Lesmana yang mengajaknya rekaman, mengiringi Margie Segers dan Rien Djamain. Di samping main dalam grup Jazz Riders, Oele juga aktif sebagai musisi freelance dan menjadi gitaris pengganti (menggantikan gitaris grup lain yang kebetulan berhalangan; misalnya menggantikan Kiboud Maulana pada band Kiboud Maulana Combo). Para anggota pendukung grup Jazz Riders memang keluar masuk silih berganti; di antara para musisi yang pernah menjadi anggota grup tersebut, terdapat nama-nama: Jack Lesmana, Bill Saragih, Benny Likumahua, Benny Mustapha, Cendi R.Luntungan, dan lain-lain (semuanya merupakan musisi jazz Indonesia papan atas).

Tahun 1984, Oele ikut mendirikan Yayasan Jazz Indonesia (bersama Indra Malaon, Abadi Soesman, Hanni Joseph, Januar Ishak, Eddy Sutanto, Billy Silabumi, dan lain-lain). Permainan gitar Oele sangat mengasyikkan; banyak orang mengatakan, bahwa dialah “Master Guitarist” di kancah jazz Indonesia. Permainannya merupakan gabungan dari gaya permainan para maestro gitar jazz, seperti Kenny Burrell, Barney Kessel, Wes Montgomery; ada pula sedikit gaya dari Charlie Christian dan Jim Hall. Dalam bermain gitar, tubuhnya sama sekali tak bergerak; ada yang mengatakan: “Yang goyang bukan tubuhnya, melainkan hatinya…..”. Permainan gitarnya memang memiliki “jazz feel” yang mendalam, sehingga banyak orang yang mengaguminya (termasuk pianis jazz Rusia, Igor Brill).

Setelah Jazz Riders bubar, Oele kiprah dalam trio Pattiselanno Brothers bersama kedua adiknya (Perry Pattiselanno dan Jacky Pattiselanno). Oele sempat pula join dalam grup Mellow Tones; ia juga sempat mendirikan dan memimpin grup Oele Pattiselanno & Friends yang didukung oleh Didi Tjia, Yance Manusama, Jacky Pattiselanno, Otty Jamalus dan Jilly Likumahua. Ketika sekolah musik LPM Farabi diaktifkan kembali (pertengahan 1997), Oele termasuk instruktur gitar yang banyak peminatnya. Ia juga sering tampil bersama grup-grup lain (seperti Elfa’s Band) untuk tampil di berbagai kota di Indonesia, bahkan sering pula tampil di mancanegara. Ia juga sering ditampilkan bersama para gitaris tenar Indonesia, dalam acara “Pendekar Gitar”, “Bintang Gitaris”, dan lain-lain, yang umumnya diselenggarakan oleh promotor acara musik jazz.

Sumber : tembang.com                       

***

Kategori:Jazz Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: