Beranda > Rock > 5 Penampilan Bersejarah Band Rock Dunia

5 Penampilan Bersejarah Band Rock Dunia

Semua band rock memang memilik karakter dan kekhasannya tersendiri, hal ini bergantung pada citra apa yang ingin mereka bangun. Namun kedekatan musik dengan elemen seni lainnya membuat penampilan mereka memukau banyak orang. Berikut adalah daftar band rock dengan penampilan khasnya.

1. Pink Floyd

Pink Floyd, sebuah band yang masih berada diperingkat utama, adalah hal penampilan panggung.  Band yang berasal dari Inggris ini terkenal dengan pemaduan tata lampu dan musik, sehingga membangun suasana psychedelia yang sangat membius paran penonton. Dengan memasukan unsur fotografi dan tata lampu, adalah dua unsur yang mendominasi tata panggung mereka, dan hingga sekarang tidak ada yang mengimbangi dua hal tersebut. Salah satu tata panggung dan penampilan mereka yang banyak dikenang adalah dalam album The Wall, yang membuatnya menarik adalah tur ini hanya dilaksanakan di empat kota.

2. Queen

Freddie Mercury akan selalu dikenang sebagai salah satu vokalis terbaik dan memiliki karisma. Keceriaan dan keinginan yang senantiasa dituruti oleh para penonton, tidak banyak dimiliki oleh vokalis lainnya. Queen adalah band rock asal Inggris yang terkenal dengan musikalitasnya; multi track aransemen, harmonisasi vokal, dan sebuah band yang mampu secara sempurna mengajak partisipasi penonton untuk sebuah koor, ketika tampil secara live. Seperti pada lagu Bohemian Rhapsody/Radio Gaga yang dibuat medley, sebanyak 75,000 penonton yang hadir secara simultan dan bersamaaan menyanyikan lagu tersebut sesuai perintah Freddie, StadionWembley, tahun 1985.

3. The Doors

Band asal Amerika yang merupakan simbol pemberontakan musik, literatur, dan ikon seks (Jim Morrison). Saat itu The Doors diminta untuk tampil secara live dalam program acara “Ed Sullivan Show”, sebelum pertunjukan itu berlangsung pihak stasiun televisi CBS mendatangi mereka. Pihak CBS meminta Jim untuk merubah lirik lagu Light My Fire pada bagian “Girl, we couldn’t get much higher”  menjadi “Girl, we couldn’t get much better.” Pihak band menyetujuinya, namun pada waktunya Jim tetap menyanyikan lirik aslinya, saat itu sensor media pada hal-hal berbau provokasi memang tinggi. Akibatnya Ed Sullivan marah dan menolak untuk berjabat tangan dengan mereka. Dan Jim Morrison hanya berkata, “So what. We just did the ‘Ed Sullivan Show.

4. The Who

Band The Who menjadi terkenal setelah mereka menghancurkan alat-alat musik dan perangkat musik lainnya yang ada di atas panggung, di setiap akhir penampilan mereka. Terutama saat penampilannya pada tahun 1967. Keith Moon, pemain drum, memasang bahan peledak pada perangkat bass drumnya. Hal itu ia persiapkan untuk menutup lagu My Generation, namun ia terlalu berlebihan dalam mengisi bahan peledaknya. Akibatnya pada saat bass drumnya meledak, rambut sang gitaris Pete Towshend terbakar, demikian juga pada bintang tamu Bette Davis. Sementara Keith Moon pun menderita gangguan pendengaran.

5. Sex Pistol

Band Punk Inggris ini melakukan konser bertajuk, The Gig That Changed the World, Manchester’s Lesser Free Trade Hall,  tahun 1976. Konser inilah yang membuka cakrawala musisi lainnya untuk mengekspresikan musik mereka sesuai dengan pakem musik yang buat sendiri. Sex Pistol adalah sebuah respon dari atmosfer dan industri musik progresif dan pop yang mewarnai era 70-an. Mereka yang mengubah tatanan musik pop dan rock, sehingga dapat dinikmati dengan cara berbeda, tanpa harus memiliki skill standar akademi musik, dan tetap merupakan sebuah perlawanan literasi/budaya. Konser ini dianggap sebagai mitos ataupun legenda dalam scene punk, hanya dihadiri oleh 42 penonton, walaupun ratusan orang mengklaim hadir pada saat itu. Namun diantara yang hadir, mereka adalah pendiri-pendiri band seperti, Joy Division, The Smith, The Fall, dan The Buzzcock.

Oleh: Galih Pakuan (www.uniknya.com)

***
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: