Beranda > Pernik > Ingin Berkarir Dalam Dunia Musik? Pilih Salah Satu Profesi Ini…

Ingin Berkarir Dalam Dunia Musik? Pilih Salah Satu Profesi Ini…

Ilustrasi

Performing Artist/Recording Artist
Performing artist mengutamakan dirinya untuk berkarir di industri musik dalam sebuah format band atau bersolo karir dengan membawakan lagu sendiri ataupun karya cipta pihak lain. Kemampuan mereka bermusik akan menentukan keberhasilan mereka.

Session Musician
Biasa disebut session player adalah musisi yang dikontrak untuk bermain dalam suatu grup atau suatu project musik baik dalam proses rekaman maupun pada saat pertunjukan musik. Mereka harus bisa memainkan musik sesuai dengan keinginan grup ataupun produser yang telah mengontrak mereka. Seorang session player dituntut untuk memiliki pengalaman bermusik yang luas, cepat tanggap dalam berbagai style musik, lancar membaca partitur dan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai jenis musik karena mereka biasanya bekerja dalam berbagai project musik yang berbeda-beda, seperti TV & film scoring, demo, jingle, dll, dengan rekan kerja yang juga berbeda-beda.

Arranger
Seorang arranger bekerja untuk menyempurnakan atau melengkapi sebuah komposisi lagu untuk penyanyi, band, dan orkestra. Mereka mengatur harmonisasi, rhythm, instrument, tempo, dan seluruh aspek dari sebuah komposisi lagu berdasarkan permintaan artist, produser, maupun group. Seorang arranger tidak saja harus ahli dalam teori musik, komposisi dan harmonisasi, mereka juga harus memiliki pengalaman dalam menulis lagu dan bisa memainkan satu instrument atau lebih.

Songwriter
Seorang pencipta lagu menulis seluruh aspek dalam sebuah lagu, yaitu musik dan liriknya. Mereka bisa bekerja dibawah satu record label tertentu atau menjadi freelance songwriter. Selain menjual karya cipta mereka ke pihak lain, para pencipta lagu juga banyak yang membawakan, memainkan, dan memproduksi lagu mereka sendiri.

Composer
seorang komposer menciptakan sebuah komposisi musik baik berupa musik instrumental ataupun yang sudah dilengkapi lirik. Kebanyakan komposisi tersebut ditulis berdasarkan permintaan dan keinginan pihak tertentu untuk berbagai kepentingan seperti pertunjukan musik, album rekaman, film, TV dll.

Film Scorer
Mereka menulis komposisi musik untuk film dan tv, tugas utamanya adalah memberikan ilustrasi musik dalam film atau menciptakan sebuah soundtrack lagu.

Jingle Writer
Mereka yang bekerja dibidang ini mengkhususkan dirinya menulis musik untuk kepentingan iklan TV maupun radio dan bertanggung jawab menggambarkan produk iklan dalam musik. Mereka harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis komposisi dan mengaransemen musik dalam durasi singkat suatu iklan.

Product Demonstrator
Mereka adalah musisi yang dikontrak oleh suatu perusahaan alat musik untuk mendemokan sebuah produk/alat musik di acara-acara musik, seperti pameran, konferensi dan festival. Musisi yang bekerja dibidang ini dituntut untuk memiliki keahlian bermusik yang tinggi.

Producer
Seorang produser biasanya bekerja dengan para musisi dan record label untuk memproduksi rekaman. Mereka juga bekerja dengan komposer, perusahaan film, tv, dan berbagai perusahaan multi media lainnya. Mereka bertugas mengawasi seluruh aspek dalam produksi rekaman, termasuk kontrak para musisi, pengaturan biaya produksi bahkan ikut berperan dalam memilih lagu. Seorang produser dituntut untuk memiliki pengalaman dan pengetahuan bermusik yang luas.

Music Educator
Seorang music educator biasanya bertugas membuat suatu kurikulum pendidikan musik sekaligus juga mengajarkannya. Mereka bisa bekerja di berbagai institusi pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai universitas. Selain bekerja terikat pada institusi tertentu, seorang music educator juga bisa bekerja menjadi pengajar privat dimana mereka lebih bebas dalam menyusun kurikulum, sistem pendidikan, dan jadwal mengajar.

  1. Oktober 5, 2014 pukul 8:23 pm

    Write more, thats all I have to say. Literally,
    it seems as though you relied on the video to make your
    point. You clearly know what youre talking about,
    why throw away your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to
    read?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: