Beranda > Rock > Ian Gillan: Musik Itu Sama Dengan Olahraga

Ian Gillan: Musik Itu Sama Dengan Olahraga

Deep Purple

Deep Purple

Pernah berpikir kenapa banyak toko alat-alat olahraga yang juga menjual alat musik? Mungkin kita selama ini mengira karena keduanya masih berhubungan dengan hobi. Ian Gillan, vokalis Deep Purple ternyata punya pendapat lain dan sepertinya cukup masuk akal juga. Buat Ian, musik tak beda dengan olahraga jadi tidak ada salahnya kan kalau toko alat olahraga juga menjual alat musik?

Dalam sebuah wawancara dengan Herald Sun, Ian sempat berkomentar soal bagaimana Deep Purple mencipta tembang-tembang mereka. Menurut Ian sebagian besar, atau malah semua, lagu mereka tercipta tanpa konsep awal. Mereka bahkan sering berangkat ke studio tanpa tahu apa yang bakal terjadi nanti. Biasanya mereka bertemu di studio, minum teh bersama-sama sambil ngobrol seputar pribadi dan keluarga mereka lalu mulai jamming. Di sinilah banyak lagu-lagu Deep Purple tercipta, termasuk Smoke On The Water yang legendaris itu.

Ian juga mengaku tak pernah merasa bosan membawakan lagu yang sama berulang-ulang selama bertahun-tahun saat mereka konser. Kuncinya, setiap kali membawakan lagu, Ian tak pernah mengulangnya sama persis. “Saya sempat menyanyikan Nessun Dorma dua kali bersama Pavarotti dan dia bilang kalau dia sempat mendengarkan Smoke On The Water sebanyak lima atau enam kali dan setiap kali pula ia mendengarkan lagu yang dibawakan secara berbeda. Dia sempat iri karena kalau ia sedikit saja membuat improvisasi dalam lagu klasik maka ia akan digantung,” ujar Ian.

“Kami punya kebebasan dan itu sangat menyenangkan. Seperti olahraga, kita tahu siapa saja anggota tim kita tapi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam pertandingan,” lanjut Ian. Jadi, musik dan olahraga tak terlalu jauh berbeda kan?

Source: Blabber Mouth

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: