Beranda > Jazz > Ravi Coltrane; Tidak Mau Mengekor Sang Ayah

Ravi Coltrane; Tidak Mau Mengekor Sang Ayah

Ravi Coltrane

Ravi Coltrane putra dari John Coltrane yang juga memainkan tenor saxophone dan sopran saxophone seperti ayahnya ini sepertinya tidak hanya menyandang nama besar Coltrane saja tetapi juga punya eksistensi sendiri dalam bermusik tanpa harus melihat dan mengandalkan nama Coltrane saja. Hal ini sepertinya ingin dibuktikan dengan album-albumnya termasuk album keduanya ini “From The Round Box”. Tapi tentu saja melihat albumnya ini, sebagaimana para musisi sekarang tidak akan terlepas dari pengaruh-pengaruh para pendahulunya, demikian juga dengan Ravi Coltrane yang menampakkan pengaruh dari Joe Henderson, Sonny Stitt, Ornette Coleman bahkan dari mendiang ayahnya sendiri musisi jazz legendaries John Coltrane. Dan ada baiknya mendengarkan album ini tanpa mengingat bahwa dia adalah putra dari John Coltrane.

Dalam albumnya ini selain membawakan karya-karya komposisinya sendiri juga membawakan komposisi musisi lain seperti “Special Drones” dan “Irony” dari Ralph Allesi. Trumpeter muda yang sedang mulai menanjak dan juga ikut bermain dalam album ini, “Blues a la Carte” dari Wayne Shorter, “Monk’s Mood” komposisi dari salah seorang pianis jazz legendaris Thelenoius Monk, “The Blessing” salah satu komposisi dari pembaharu jazz Ornette Coleman dan “Consequence” dari James Carney.

Tiga lagu pembuka “Social Drones”, “The Chartreuse Mean” dan “Word Order” merupakan komposisi jazz ballad dengan slow tempo dan kombinasi permainan tenor dan sopran dari Ravi, tiupan saxophone dari Ravi yang kadang melakukan “blowing” dan memainkan melodi-melodi yang panjang memang mengingatkan dengan permainan John Coltrane meskipun sound saxophonenya berbeda. Permainan piano dan trumpet dari Gerry Allen dan Ralph Allesi sendiri kadang menjadi semacam counterpoint terhadap permainan saxophone Ravi dan beberapa bagian lagu kadang menampilkan permainan free improvisation dari para pemainnya, hal ini tampak sekali pada lagu “The Chartreuse Mean”. “Blues a la Carte” komposisi dari Wayne Shorter megembalikan kita pada suasana jazz yang lebih tradisional pada era-era Miles Davis Quartet atau Art Blakey Jazz Messengers dengan banyak mengambil struktur blues dimainkan uptempo dan justru banyak menonjolkan permainan trumpet dari Ralph Allesi dan piano dari Gerry Allen. “The Blessing” dari Ornette Coleman dimainkan dengan menonjolkan duset dari Ravi dan Ralph tetapi sangat lain dengan duet Coleman dan Cherry mungkin lebih mengingatkan duet John Coltrane dan Don Cherry di album The Avant Garde dimana memainkan lagu Ornette dengan “gaya” Coltrane. Album ini ditutup dengan komposisi “Between the lines” yang menampilkan trio piano, saxophone dan trumpet. Album ini bagus dilihat dari permainan para personelnya dengan teknik improvisasi yang bagus bagaimanapun sangat sulit tampaknya untuk Ravi Coltrane lepas dari pengaruh ayahnya, meskipun ini hal yang sangat wajar karena dia memainkan instrumen yang sama dengan ayahnya dan banyak pemain saxophone lain yang juga terpengaruh oleh John Coltrane.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: