Beranda > Jazz > Cool Jazz; Aliran Jazz yang Dulu Diremehkan

Cool Jazz; Aliran Jazz yang Dulu Diremehkan

Illustrasi

Cool jazzadalah gaya jazz yang menyenangkan dan mengalir juga ditandai dengan struktur harmoni yang berkelok-kelok dan sering kali agak ketinggalan dari beatnya. Merupakan jenis jazz yang diremehkan dan sukar dipahami dan menggabungkan elemen musik klasik.

Sejarah Cool Jazz

Sering disebut West Coast jazz (jazz gaya pantai barat Amerika). Sering juga dikenal sebagai Invalid Tipe Jazz yang banyak berkembang di bagian pantai barat Amerika Serikat. Utamanya dipraktekkan oleh musisi di Los Angeles meskipun begitu, populer dan dimainkan oleh musisi sampai California, sering disebut cool jazz.

Cool jazz adalah tipe jazz yang diremehkan dan sangat halus. The Claude Thornhill Orchestra dan Lennie Tristano yang awalnya membuat rekaman cool jazz diakhir 1940an. Lagu dari Thornhill yang paling dikenal adalah “Snowfall” bahkan sering dimainkan sampai hari ini.

Meskipun Miles Davis awalnya muncul diera album bebop Charlie Parker sesi pentingnya sebagai pentolan adalah The Birth Of The Cool. Semua album yang berisikan apapun dari grup ini masih bisa didapatkan. Gaya dari cool jazz dapat dijelaskan sebagai reaksi atas tempo yang cepat dan melodi yang komplek harmoni, dan ide rhythmic dari bebop . Ide ini banyak ditampilkan oleh musisi west coast dan gaya ini akhirnya disebut West Coast jazz.

Lester Young yang tampil dan besar diera swing dan Miles Davis yang tampil diera bop, berperan penting atas tumbuhnya gaya cool. Young mengkontribusikan suara yang relaxe dan gaya dari permainannya Davis bersama Gil Evans memimpin terciptanya rekaman dari album “Birth of the Cool” menandai lahirnya era cool ini, meskipun album pertama dirilis di New York banyak grup cool muncul disekitaran Los Angeles dan personilnya mantan anggota band dari Stan Kenton.

Ciri Khas Cool Jazz

Ditahun 40an banyak jenis musik yang berkembang secara simultan. Cool jazz berkembang diakhir 1940an bersamaan dengan perkembangan Bebop dan tetap popular sampai beberapa dekade. Cool jazz lebih halus, sepi (muted), moody, dan lebih terpola (restrained) dibanding bebop dan mungkin mendapat pengaruh harmoni dari komposer music abad 19 seperti Stravinsky dan Debussy .

Gaya Musik Ini Umumnya Lebih Relaxed Daripada Bebop.

Cool jazz mengikuti bop tetapi secara keseluruhan berbeda pada moodnya pada pendekatan ke arransemen dan juga pemilihan alat-alatnya. Di era ini yang dimulai pada tahun 1947 banyak alat yang tidak umum digunakan dalam musik Jazz mulai digunakan Suara instrument yang amat lembut unamplified, membuat mood jadi berbeda dari sebelumnya.

Bentukan suara dari Cool paling mudah untuk disimak dari pemain seperti Paul Desmond-alto saxophone Chet Baker-trumpet, dan George Shearing-piano. Pemain pemain ini menampilkan semua gaya suara yang relaks dan gaya yang sesuai dengan cool .

Musisi Cool Jazz

Dua yang amat penting kontribusinya pada gaya cool jazz adalah pemain terompet (trumpeter) Miles Davis serta pianis, pentolan band dan komposer-pengaransir Gil Evans.

Pemain seperti Gerry Mulligan, Shelly Manne, dan Stan Getz sering diasosiasikan dengan “West Coast” style. Menyimak gaya Young di “Lester Leaps In” dan Davis di”Boplicity” dapat dijadikan contoh untuk gaya cool. Juga menyimak Miles Davis di “Summertime” dapat didengar gaya arransemen Gil Evans yang sangat indah.

Stan Getz juga dikenal juga turut mempopulerkan gaya Brazilia seperti bossanova dan samba. Gaya ini dan gaya lain dari Amerika Latin seringkali dikenal sebagai latin jazz.

***

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: