Beranda > Asal Usul > World Music, Lahir Karena Keprihatinan

World Music, Lahir Karena Keprihatinan

World Music

World Music

Istilah world music mungkin tak terlalu akrab di telinga orang awam. Nama ini sendiri sebenarnya baru muncul sekitar tahun 1980-an, berawal dari keprihatinan para pecinta musik etnis yang merasa bahwa musik ini tak mendapat publikasi yang memadai. Berawal dari sebuah pertemuan di tahun 1987 yang kemudian menghasilkan kesepakatan untuk menggunakan istilah world music untuk menyebut musik-musik etnis yang ada di seluruh dunia.

Sebenarnya istilah ini sendiri sudah mulai muncul sekitar tahun 1960-an ketika Robert E. Brown, seorang pakar ilmu musik dari Wesleyan University di Connecticut, pertama kali menggunakan kata ini. Namun popularitas istilah world music sendiri baru dimulai saat Perancis menggelar World Music Day di tahun 1982 dan sejak saat itu tanggal 21 Juni selalu diperingati sebagai World Music Day.

Lalu apa sebenarnya world music itu? Pada dasarnya, istilah ini adalah pengganti dari kata musik etnis atau musik folk. Meski kadang sering disebut sebagai genre namun world music sebenarnya tak memiliki karakteristik pasti seperti pada genre lain seperti rock atau jazz. Di barat sana, istilah ini digunakan media dan industri musik untuk mengklasifikasikan musik apapun selain musik Barat.

Dalam perkembangannya, world music tak lai sepenuhnya musik daerah atau musik etnis. Perkembangan teknologi yang memungkinkan musisi dari berbagai tempat untuk mendengarkan musik dari daerah lain yang berjauhan membuat batasan ‘daerah musik’ jadi makin tak jelas. Akhirnya, perpaduan antara musik popular dengan musik tradisional pun kadang masih bisa masuk dalam kategori world music.

Yang sering terjadi adalah penggabungan antara scale musik modern dengan scale musik tradisional dan dibawakan dengan menggunakan instrumen musik modern, kadang dengan memasukkan beberapa instrumen tradisional untuk memperkuat ‘kesan kedaerahan’ ini.

Salah satu negara yang sering disebut sebagai ibu kota world music barangkali adalah Perancis. Selama bertahun-tahun negeri ini memang sering jadi tujuan para musisi dari beberapa bekas koloni Perancis di Afrika dan di saat yang sama, industri musik dan pemerintah pun sepertinya memberikan tempat dan dukungan untuk perkembangan world music di sana.

Industri world music sendiri memang belum sebesar industri musik yang lain. Belum banyak label yang berani bermain di ladang ini. Dua nama label yang melekat kuat dengan istilah world music adalah Putumayo World Music dan Rough Guide yang bekerja sama dengan World Music Network.

Source: Wikipedia.org

  1. soul
    April 30, 2010 pukul 4:08 pm

    keren.. thnx infonya.. tp ngemeng2 ada sumber ilmiahnya ga yang bisa di rekomendasiin buat gw..?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: