Beranda > Jazz > Incognito; Band Beranggotakan 13 Personil!!!

Incognito; Band Beranggotakan 13 Personil!!!

Incognito

Mereka memainkan musik soul, jazz, dan funk. Pimpinan dari grup band ini sekitar tahun 1979, duduk di depan meja mixer sambil berpikir “Mudah-mudahan ini akan menjadi proyek jangka panjang yang bisa membawa kami keliling dunia.”  Di tahun 2005 ini, mereka melihat ke belakang dan ternyata mereka malah sering mengadakan tur dunia berkali-kali dalam satu tahun. Bagaimanapun juga, mereka tetap merasa bahwa perjalanan baru saja dimulai, sama seperti 25 atau 26 tahun yang lalu. Nama mereka berarti perjalanan ke dalam sesuatu yang tidak diketahui… sebuah elemen dari kejutan!

Incognito adalah bahasa latin yang berarti tidak diketahui atau in disguise. Jean-Paul Maunick atau Bluey memilih nama ini karena dia menganggap kata Incognito cocok untuk proyek di mana musik dan pesannya adalah elemen yang jauh lebih penting daripada individu-individu yang memainkan dan menciptakannya. Nama Incognito juga seperti mengizinkan mereka untuk berganti-ganti arah musik dari album ke album agar audiens tetap menebak-nebak apa lagi yang akan mereka hasilkan.

Sebelum mendengarkan beberapa musik mereka, kita kembali dulu ke bulan September 1979. Saat itu Bluey dan Tubbs Williams sedang ada di dalam kamar Bluey, lengkap dengan gitar, Fender Precision bass, dan sebuah mesin tape Revox zaman dulu. Ketika itu mereka berdua sudah bergabung di dalam Light of the World, dan sekarang mereka ingin melakukan proyek yang tidak melibatkan anggota Light of the World yang lain. Gimana kalau kita kerja bareng musisi lain dari band-band lain? Gimana kalau kita kerja bareng Ray Careless dari Tarantula, Jef Dunn dari Sour Grapes? Semuanya terkumpul dan dua hari kemudian mereka masuk studio. Rekaman Incognito yang pertama, Jazzfunk, mirip seperti free jam session, tapi dengan struktur.

Kesempatan pertama bagi Incognito datang di tahun 70-an di mana DJ Chris Hill memberikan kontrak rekaman di bawah perusahaan rekamannya sendiri, Ensign Label. Saat itu, DJ Chris Hill merupakan salah satu DJ pelopor dan berpengaruh di Inggris.

DJ Chris mengerti dan mencintai musik soul dan jazz, dengan bekal itu dia membantu Incognito menciptakan brand mereka sendiri sebagai band funk and jazz Inggris.

Jarak antara album Jazzfunk dan album berikutnya lumayan jauh, sepuluh tahun. Sepuluh tahun ini cukup untuk Incognito tumbuh dan berkembang dan keluar dengan album yang tentu saja jauh berbeda daripada album sebelumnya. Mereka sekarang terdiri dari orang-orang yang berbeda, dan vokalis yang berbeda. Di tahun 1991, setelah JazzFunk dan beberapa single, Incognito muncul lagi dengan Inside Life. Always There adalah salah satu lagu legendaries dari album ini.

Incognito yang beranggotakan 13 personil ini sudah bertahan selama 25 tahun dan manager mereka masih juga shock. Kenapa sih kamu ngga mengurangi jumlahnya? Tapi, Bluey menjawab kalau itu sudah menjadi tugas si manager untuk mengurus keluarga Incognito, sedangkan masalah uang… banyak lah hal yang lebih penting daripada uang.

Oke, lalu bagaimana dan dari mana Incognito menemukan para vokalis? Apakah ada kriteria tertentu bagi mereka untuk bisa bernyanyi dalam Incognito? Gampang-gampang susah. Pertama, mereka harus bagus. Kedua, dan ini juga berlaku untuk anggota lainnya, mereka harus bisa berarti dan berinteraksi dengan manusia lainnya, karena ternyata ada banyak sekali menurut Bluey, musisi yang hebat tapi tidak memberikan kontribusi atau arti bagi manusia lain.

Mungkin ini semua membuat musik mereka disukai oleh massa dari berbagai latar belakang, yang bukan musisi sampai profesor-profesor musik dan musisi jazz. Rahasia di balik sukses ini adalah ambisi untuk menjadi jujur kepada diri sendiri, jujur kepada elemen-elemen musik, bukan ambisi untuk mengejar angka penjualan album. Quality control yang kuat ini yang membuat Incognito tetap bertahan sebagai diri sendiri.

Let’s talk philosophy! Bluey adalah seorang pemikir yang dalam, jadi pastinya dia akan dengan sangat senang kalau ditanya apa filosofi Incognito sebagai sebuah band. Incognito berdiri untuk memaksimalkan perjalanan musik, fisik, dan spiritual mereka di bumi. Menghibur, mendidik, dan membuka jalan untuk pesan besar mereka, yaitu ‘Beyond colour and beyond creed, we are one nation under the groove!’

Banyak lagu-lagu lama yang diolah kembali oleh Incognito menjadi lagu yang enerjik dan menjadi Incognito-like. Seperti Don’t You Worry ‘Bout the Thing’, ‘Always There’ dan ‘Nights Over Egypt’. Ini adalah lagu-lagu yang sudah sering dimainkan oleh Bluey dan kawan-kawan sebelum Incognito terbentuk. Karya-karya Stevie Wonder, The Doobie Brothers atau The Jones Girls sudah merupakan bagian dari hidupnya. Nights Over Egypt diambil dari album No Time Like The Future, album yang menampilkan Maysa, Jocelyn Brown, dan Karen Bernod pada vokal. Dua di antara mereka, Maysa dan Jocelyn, berduet dalam Nights Over Egypt.

Listen to the Music diambil dari album Adventures in Black Sunshine. Pada awalnya, untuk menyambut 25 tahun Incognito di industri musik dunia, mereka ingin membuat album Best of Incognito. Tapi, karena terlalu banyak lagu baru yang mereka hasilkan, akhirnya mereka merilis album ini. Tentu saja album 25 tahun Incognito ini ingin kembali mengingatkan kita kepada perjalanan musik mereka dulu, rasanya tepat kalau untuk itu mereka memanggil Maysa kembali, dan mengaransemen musik mereka kurang lebih seperti dulu. Semua yang khas Incognito.

Hidup belum berhenti. Incognito sekarang sedang mempersiapkan bab ke-26 di dalam hidup mereka. Siap-siap dengan pengalaman baru yang datang dari mereka dengan emosi dan ide-ide baru, sesuatu yang belum pernah anda dengar sebelumnya dari band yang bernama Incognito ini.

***

  1. Maret 6, 2013 pukul 1:40 pm

    hey there and thank you for your information – I have definitely picked up anything new from right here.

    I did however expertise a few technical points using this site,
    since I experienced to reload the website many times previous
    to I could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK?

    Not that I am complaining, but slow loading instances times will very frequently affect your placement in google and can
    damage your high-quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Anyway I am adding this RSS to my email and could look
    out for a lot more of your respective fascinating content.
    Ensure that you update this again soon.

  2. Maret 17, 2013 pukul 1:12 pm

    I was suggested this blog via my cousin. I am not sure
    whether this submit is written by him as nobody else understand such distinct approximately my difficulty.
    You’re amazing! Thank you!

  3. Maret 18, 2013 pukul 3:10 pm

    I think that what you published made a lot of sense.
    But, what about this? suppose you added a little information?
    I ain’t saying your content is not good, but suppose you added a post title to possibly grab people’s attention?

    I mean Incognito; Band Beranggotakan 13 Personil!!! | Suara Nada is a little boring.
    You might peek at Yahoo’s home page and watch how they create article headlines to grab viewers to click. You might add a related video or a related pic or two to get people interested about everything’ve
    written. Just my opinion, it would make your posts
    a little livelier.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: