Beranda > Jazz > Fourplay; Super Grup “Smooth-Jazz”

Fourplay; Super Grup “Smooth-Jazz”

Fourplay

Satu lagi grup kwartet jazz contemporer yang sangat wajib untuk disimak bagi penggemar musik “Smooth-Jazz”, namanya Fourplay. Gabungan harmoni dan teknik yang sangat selaras bisa dirasakan dari tiap alunan nada dan improvisasi yang dibawakan oleh keempat personil grup ini.

Pada awal berdirinya, Fourplay terdiri dari Bob James (Keyboards), Lee Ritenour (Gitar), Nathan East (Bass), dan Harvey Mason (Drum). Empat punggawa jazz ini berkolaborasi dalam grup yang pernah disebut sebagai “Super Grup Smooth Jazz” ini. Sayang di tahun 1997 Lee Ritenour harus hengkang dari grup ini karena kesibukan tur dan pembuatan album solo. Fourplay kemudian memilih Larry Carlton untuk menggantikan posisinya. Tapi di tahun 2010 Larry akhirnya juga harus hengkang dari grup ini, dan posisinya digantikan oleh Chuck Loeb.

Fourplay berhasil dengan mulus menggabungkan unsur-unsur R&B dan Pop menjadi satu bentuk dasar musik jazz yang sangat artistik. Konsep ini ternyata juga dapat diterima luas oleh publik, hingga mereka-pun juga sukses secara komersial. Rekaman perdana mereka yang diberi judul “Fourplay” di tahun 1991, terjual jutaan copy dan mampu bertengger di posisi nomor satu Billboard Jazz Kontemporer selama 33 minggu. Album kedua mereka, “Between The Sheets,” juga mampu menjadi nomor satu dan berhasil menjadi nominasi untuk Grammy. Kesuksesan terulang kembali saat mereka merilis album ketiganya yaitu “Elixir” yang bertahan selama hampir 90 minggu.

Fourplay juga menerima “Congressional Record” dari Konggres Amerika Serikat, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat mengakui mereka sebagai grup yang sangat istimewa dalam industri musik. Penghargaan tersebut diserahkan oleh A. Robert Brown, Sr, Penasehat pemerintah, saat penampilan Fourplay di Philadelphia. Fourplay, dalam sejarah, kemudian menjadi satu-satunya grup musik yang mendapat penghargaan dari Konggres Amerika Serikat. Hingga saat ini Fourplay telah merilis 11 album rekaman, dan beberapa album “Live.”

Diskografi:

  1. Fourplay (1991)
  2. Between The Sheets (1993)
  3. Elixir (1995)
  4. The Best of Fourplay (1997)
  5. 4 (1998)
  6. Snowbound (1999)
  7. Yes, Please (2000)
  8. Heartfelt (2002)
  9. Journey (2004)
  10. X (2006)
  11. Energy (2008)

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: