Beranda > Jazz > Syaharani, The Queenfireworks

Syaharani, The Queenfireworks

Syaharani

Penyanyi bernama lengkap Saira Syaharani ini lahir di kota kecil, Batu-Jawa Timur, Tgl. 27 Juli 1971. Warna suaranya agak berat dan sedikit serak, walau akhir-akhir ini penyanyi yang lebih akrab dipanggil Rani ini merilis album dengan warna suara yang agak ringan dan nge-pop. Karir Rani di dunia musik Jazz cukup mengesankan, setelah mewakili Indonesia dalam North Sea Jazz Festival 2001, Rani juga dipercaya menjadi bintang tamu dalam konser Al Jarreau Iskandarsyah Siregar & Folks, Dave Koz, Keith Martin dan Yellow Jackets Indonesia concert bersama Fourplay. Dunia peran juga pernah dijalaninya saat dia menjadi peran utama dalam teater musikal Madame Dasima, Gallery of Kisses di TIM Jakarta, dan berperan sebagai seorang wanita yang kokoh mempertahankan hak-nya dalam film Garasi produksi Miles Film, serta vokal ilustrator film Betina produksi 9 Palm Film.

Sejak kecil putri pasangan Hasan Ali Ibrahim dan Elly Zapantis ini memang sudah akrab dengan musik jazz, dan sering membawakan lagu-lagu jazz di kampus dan di pub-pub. Di pub inilah untuk pertama kalinya Rani bertemu dengan Bubi Chen. Di penghujung tahum 1998, Rani bergabung bersama Bubi Chen, Benny Likumahua, Sutrisno, Cendy Luntungan, dan Oele Pattiselano mengeluarkan album jazz What a Wonderful World.

Album solo jazz pertama Rani bertajuk Love (1999). Rani kemudian merambah ladang musik psikedelik lewat album Magma (2002) untuk memaksimalkan kualitas vokalnya. Album ini berisi 11 lagu yang bernuansa Jazz, fusion, ethnic, dan trip hop yang nge-blend jadi satu sehingga menghasilkan apa yang Rani sebut sebagai psychedelic. Setelah membuat gebrakan dengan mengadakan konser tunggal di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) tanggal 30 Juni 2004 bertajuk Cross Genre Music, Rani kembali ke dapur rekaman. Kali ini Rani mengandeng dua teman lamanya, Achmad “Didit” Fareed dan Donni Suhendra, mantan gitaris Krakatau untuk menciptakan sebuah kolaborasi yang dinamakan Syaharani dan Queenfireworks yang merilis album bertajuk Buat Kamu.Album ini menampilkan komposisi yang light dan cheerful, eksotis, tanpa beban dan tidak njelimet. Pengaruh dari beberapa jenis musik pun terdengar dalam album ini. Ada musik pop, jazz, rock n roll, blues, soul dan bahkan disko, tekno atau pun elektronis. Semuanya dikemas dalam nuansa yang simpel, segar, kreatif, ringan, komunikatif dan lugas.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: