Beranda > Jazz > Salena Jones; Lebih Memilih Inggris daripada Amerika

Salena Jones; Lebih Memilih Inggris daripada Amerika

Salah satu cover album Salena Jones

Suara berat, santai, tapi sangat berkarakter, itulah kesan ketika mendengarkan lantunan lagu-lagu Salena Jones, penyanyi kelahiran Virginia tanggal 29 Januari 1944 ini. Bakat Salena dalam beradaptasi dengan karakter lagu cukup mengagumkan, ia mampu menyanyikan tembang-tembang berirama swing, bebop, bahkan musik pop. Penjiwaan Salena dalam tiap lagu yang dibawakannya juga sangat baik, sehingga isi dari sebuah lagu dapat berbaur dalam nada lagu tersebut.

Penyanyi pengagum Billie Holiday, Ella Fitzgerald, Sarah Vaughan dan Peggy Lee ini meskipun lahir di Amerika, tetapi lebih memilih untuk meniti karir di London – Inggris.  Setelah hijrah ke London, Salena mulai tampil di beberapa klub Spanish sebelum akhirnya ia dikontrak oleh sebuah klub jazz terkemuka di London, The Ronnie’s Scott untuk tampil selama 7 minggu berturut-turut. Dari situlah namanya mulai dikenal.

Berbagai pertunjukan di seluruh benua Eropa pun akhirnya dia datangi. Termasuk juga tampil dalam acara di berbagai televisi dan radio yang sering didukung oleh BBC. Lebih jauh lagi ketika Salena Jones mendapat tawaran untuk tampil dalam berbagai event musik jazz di Australia, Afrika, China, Canada, Hong Kong, Indonesia, Thailand dan Jepang. Sejak tahun 1978, Salena Jones berhasil menjadi salah satu penyanyi jazz yang paling digemari oleh publik Jepang. Di mana dalam waktu-waktu selanjutnya dia lebih sering lagi tampil di negeri sakura tersebut. Termasuk ketika pihak JVC Jepang mengontrak dia untuk beberapa albumnya.

Di awal tahun 2000 yang lalu, dia tampil di negeri asalnya untuk bergabung dengan beberapa musisi jazz terkenal seperti Hank Jones, Russell Malone, Lewis Nash, Roy Hargrove, Dianne Reeves dan Freddie Cole dalam sebuah acara yang bernama The Lionel Hampton Jazz Festival. Dalam perjalanan tersebut, juga menandai untuk pertama kalinya dia bisa tampil di klab jazz terkemuka di New York, Blue Note. Kunjungannya di Amerika Serikat kala itu sangat sukses.  Beberapa radio dan televisi menyiarkannya secara langsung.

Sejauh ini, Salena Jones masih menjadi salah satu penyanyi yang paling dihormati dalam menampilkan gaya swing maupun pop yang sekarang masih aktif.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: