Beranda > Jazz > Uzeb, Grup Jazz fusion yang Jarang Tampil di Amerika.

Uzeb, Grup Jazz fusion yang Jarang Tampil di Amerika.

UZEB

Grup jazz fusion asal Montreal, Quebec, Canada ini, banyak sekali mempengaruhi grup-grup fusion dalam negeri seperti Emerald dan Karimata. Musiknya dengan beat yang menghentak-hentak, bass yang mendentum dan elektrik gitar yang garang ala musik rock, menjadi tiga elemen yang menjadikan musik Uzeb bercitarasa lain jika dibandigkan dengan grup-grup jazz fusion lainnya.

Uzeb aktif dari tahun 1976 sampai tahun 1992, digawangi oleh tiga punggawa yang cukup andal yaitu: bassis Alain Caron, gitaris Michel Cusson dan drummer Paul Brochu. Meskipun hanya bertiga, tapi mendengarkan musik Uzeb selaksa mendengarkan satu band dengan formasi pemain lengkap. Dalam mengisi kekosongan komponen musik, memang Uzeb banyak sekali menggunakan efek-efek musik yang tercanggih, sehingga musik Uzeb terasa “ramai” saat didengarkan.

Grup ini juga pernah memenangkan Canadian Awards selama tahun 1980-an. Tahun 1987, Uzeb kembali memperoleh penghargaan yaitu Quebec Felix Awards sebagai “Grup of the Year.” Di tahun 1991 Uzeb kembali mendapat penghargaan yang cukup bergengsi dari Oscar Peterson Lifetime Achievement Award yang digelar dalam Montreal International Jazz Festival.

Uzeb menggelar konser pertama di Eropa tahun 1981 di Bracknell Jazz Festival di Inggris, lalu tampil di Festival de Jazz de Paris dan merekam album mereka di Olympia – Paris. Yang justru agak mengherankan, Uzeb justru jarang sekali menggelar konser di Amerika Serikat, sebuah negeri yang banyak sekali melahirkan musisi-musisi kondang dunia. Hal ini mungkin bisa menjadi bukti bahwa untuk bisa terkenal dan menjadi musisi kelas dunia, sebuah band tidak harus pergi ke Amerika terlebih dahulu.

***

  1. Irwan Yuzairi
    Mei 17, 2010 pukul 9:44 am

    Sayang ya kalau ternyata UZEB sudah bubar . . . padahal saya baru saja senang setelah ada yang ngasih mp3 nya UZEB “Perrier Citron”, saking senangnya saya hampir nangis karena dulu(tahun 1990)saya pernah dapat dari seorang teman musik instrumentalianya UZEB tersebut . . . tapi hilang . . . dan sekarang baru tahu mereka udah cerai . . . hu hu hu . . .

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: