Beranda > Jazz > Al Jarreau; Menang dalam Tiga Kategori Musik Sekaligus

Al Jarreau; Menang dalam Tiga Kategori Musik Sekaligus

Al jarreau saat konser di ICC Berlin tahun 1986

Penyanyi kelahiran Milwaukee, Wisconsin, United States pada Tgl.12 Maret 1940 ini sudah 7 kali memperoleh Grammy Award, dan satu-satunya vokalis yang menerima penghargaan dalam tiga kategori yang berbeda yaitu: Jazz, Pop, dan R&B.

Meskipun begitu, baru tahun 1968 Al Jarreau baru yakin bahwa musik jazz adalah mata pencahariannya atau pekerjaannya. Pada tahun 1975, Jarreau berkarya bersama pianis Tom Canning saat Jarreau dikontrak oleh Warner Bros Records, dari kerjasama ini lahirlah album dengan judul “We Got By,” yang melambungkan dan menjadikan namanya dikenal seantero jagad dan memperoleh German Grammy Award.

Salah satu album Jarreau yang paling dikenal masyarakat luas adalah “Breaking Away” tahun 1981, album ini menjadikan nama Jarreau semakin dikenal lebih luas lagi.  Jarreau Kemudian sibuk dengan jadwal konser yang padat dan juga tampil di beberapa Televisi. Media lainnya seperti HBO’s Comic Relief juga menampilkan duet Jarreau bersama musisi dan penyanyi jazz kelas atas Natalie Cole. Di tahun 2003, konduktor Larry Baird berkolaborasi dengan Jarreau untuk menggarap konser simponi di seluruh Amerika.

Dalam karirnya, Jarreau telah melanglang buana dan mengadakan tur dengan musisi jazz kelas atas seperti Joe Sample, Kathleen Battle, Miles Davis, David Sanborn, Rick Braun dan George Benson. Pada bulan Maret 2001 Jarreau mendapat penghargaan bintang untuk Hollywood Walk of Fame. Bintang penghargaan tersebut sekarang dipajang di 7083 Hollywood Boulevard.

Jarreau hingga tulisan ini dibuat telah merilis 24 album tunggal, 50 album bersama musisi lain, 7 kali memperoleh Grammy dan 12 kali menjadi nominator Grammy. Sungguh prestasi yan gluar biasa. Musik Jarreau bisa dijadikan alternatif bagi anda yang gemar mendengarkan musik jazz yang ada unsur vokalnya.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: