Beranda > Jazz > Earl Klugh; Banyak Dipengaruhi oleh Chet Atkins

Earl Klugh; Banyak Dipengaruhi oleh Chet Atkins

Earl Klugh

Earl Klugh memperoleh Grammy Awards pertama kalinya saat membuat album duet bersama Bob James “One to One” untuk kategori Best Pop Instrumental Performance 1981. Dari sudut “Smooth-Jazz” memang album tersebut ibarat dua keindahan yang dijadikan satu sehingga menghasilkan satu bentuk yang sempurna. Earl yang banyak dipengaruhi oleh gitaris Chet Atkins mampu menandingi nada-nada indah Bob James yang begitu menyentuh.

Earl ditemukan pertama kali oleh Yusef Lateef di usianya yang baru menginjak 15 tahun. Setelah pertemuan tersebut karir Earl melaju cepat dan telah mampu bermain bersama musisi jazz kelas atas seperti George Benson, George Shearing dan Chick Corea.

Selama karirnya Earl telah meluncurkan kurang lebih 30 album, lima diantaranya masuk dalam jajaran nomor satu dalam tangga lagu jazz Billboard. Di albumnya yang terakhir “Spice of Life,” Earl untuk ke-12 kalinya menjadi nominator Grammy.

Di tahun 2006, Modern Guitar Magazine, dalam salah satu halamannya menuliskan bahwa Earl diakui oleh banyak pengamat sebagai salah satu pemain gitar akustik yang terbaik saat ini. Pengakuan tersebut memang tidak terlampau berlebihan mengingat permainan Earl memang sangat layak dengar dan sangat enak dinikmati bahkan bagi mereka yang kurang mengenal musik jazz. Musik Earl bisa dijadikan titik awal bagi mereka yang ingin belajar mengenal musik jazz.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: