Beranda > Jazz > Dave Grusin; Musik Smooth-Jazz Untuk Teman Minum Kopi

Dave Grusin; Musik Smooth-Jazz Untuk Teman Minum Kopi

Dave Grusin

Permainan piano Dave Grusin sangat indah ketika memainkan “Smoothjazz,” namun begitu rumit saat memainkan jazz “berat” bersama orkestra yang begitu sulit dicerna. Banyak lagu-lagu Dave yang begitu pas didengar sambil minum kopi dan ngobrol bersama kerabat, tapi banyak juga yang perlu “perhatian” khusus untuk bisa menikmatinya.

Di tahun 1959 – 1966 Dave dipercaya menjadi asisten aransemen musik dan pianis untuk penyanyi tenar Andy William. Setelah itu, Dave banyak menghabiskan waktu mengerjakan aransemen musik bersama Sarah Vaughan, Quincy Jones dan Carmen McRae di awal tahun 1970-an.

Dave juga bermain keyboard untuk Gerry Mulligan dan Lee Ritenour, kemudian membantu berdirinya GRP Records. GRP kemudian berkembang menjadi salah satu “perusahaan” penghasil musik “Contemporary Jazz dan Fusion” papan atas. GRP kemudian diambil alih oleh Arista dan kemudian oleh MCA. Grusin sendiri terus merilis album antara tahun 1980-an dan 1990-an, mengerjakan beraneka macam proyek musik mulai dari Fusion, Pop, sampai terjun dengan simponi orkestra. Dave juga menjadu konduktor untuk GRP Big Band dan juga berduet bersama adiknya Don Grusin dan juga bersama jagoan gitar jazz, Lee Ritenour.

Total album yang sudah dirilis oleh Dave berjumlah 40 album. Beberapa kali memperoleh Grammy Awards dan beberapa kali masuk dalam nominator Grammy.

***

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: