Beranda > Jazz > Casiopea; Masih Dalam Kebekuan.

Casiopea; Masih Dalam Kebekuan.

Casiopea

Keputusan Issei Noro, gitaris dan pendiri Casiopea, untuk membekukan seluruh aktifitas Band Jazz-Fusion ini di tahun 2006 terasa sudah lama sekali.  Hampir 4 tahun sudah kita tidak bisa menikmati album-album baru Casiopea. Kerinduan akan band ini akhirnya harus dipenuhi dengan mendengarkan lagu-lagu lama mereka seperti: Asayake, Black Joke, Down Up Beat, Take Me dan masih banyak lagi.

Band ini dibentuk tahun 1976 oleh gitaris Issei Noro, bassis Tetsuo Sakurai dan Keyboardis Hidehiko Koike. Tahun 1977 dengan dua wajah baru yaitu drummer Takashi Sasaki dan keyboardis baru menggantikan Hidehiko, Minoru Mukaiya, memperkuat jajaran punggawa grup fusion ini.

Tahun 1979 Casiopea meluncurkan album “self-titled” pertama mereka “Casiopea.” Tahun 1980 drummer terkenal Akira Jimbo bergabung dengan grup untuk menggantikan Takashi. Total keseluruhan album yang telah dirilis Casiopea baik yang di Jepang maupun Amerika sudah mencapai 35 album!! Cukup produktif untuk sebuah grup Jazz-fusion.

Seperti halnya grup-grup band lainnya, Casiopea pun mengalami beberapa kali pergantian personel. Mulai dari Akira Jimbo dan Tetsuo Sakurai yang hengkang untuk membentuk duo-band: Jimsaku, dan kondisi ganti-ganti personel ini berlangsung terus hingga tahun 2006 saat Issei Noro membekukan semua aktifitas band.

Tapi meskipun begitu, satu set kotak cd yang berisi semua album Casiopea dengan judul “Legend of Casiopea” sempat diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2009 meski dalam jumlah yang sangat terbatas. Dalam kumpulan album tersebut ditambahkan 2 album Casiopea yang tidak pernah dirilis, yang pertama berjudul “Cuts” dan yang kedua “Air-Skip.”

***

 

 

  1. Achmad Jayadi
    Maret 19, 2012 pukul 12:24 pm

    Pada akhir tahun 2012 ini saya yakin Casiopea akan kembali lagi dan mereka akan segera melakukan tur di sejumlah negara di Asia pada awal oktober nanti.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: