Beranda > Alat musik > Tips Memilih Gitar Elektrik

Tips Memilih Gitar Elektrik

 

Electric Guitar

 

Mau beli gitar elektrik? Begitu banyak pilihan merk gitar listik mulai merk terkenal seperti Ibanez, Fender, Gibson, ESP, dll sampai merk lokal sperti Cort, Marlique, Fusion guitars, dsb. Ditambah lagi banyaknya model & pilihan sering membuat kita bingung memilihnya. Beberapa pertimbangan dibawah ini akan membantu anda memilih gitar secara bijak

Tips Sebelum Membeli Gitar Elektrik

- ‘Jangan sekali-kali terkecoh oleh merk terkenal’, sekarang banyak gitar merk kurang terkenal kualitasnya setara merk terkenal dengan harga cuma 2/3 bahkan 1/4 dari merk terkenal.

- ‘ model ini dipakai oleh artis top’, di dunia marketing bukan rahasia lagi bilamana artis top di ‘endorsee’ atau di kontrak dengan bayaran tertentu untuk tujuan Promosi, wajar saja kalau yang berani bayar mahal dia cenderung menang.

-  ‘made in mana?  japan, usa, korea, indo? ‘, hmm ini sebenarnya rahasia perusahaan yang sudah banyak diketahui orang, contohnya kalau gitar Ibanez yang katanya Made In Japan ternyata produksi Indonesia 90% dan di Finishing10% nya di Japan. Gibson yang katanya Made In USA dengan body kayu Solid Mahogany atau Ebony ternyata diproduksi di Indonesia, betapa kita sering terkecoh hal-hal semacam ini.

- Yaang terpenting ‘Sesuaikan dengan Budget / Anggaran kantong Anda’ baru menentukan tipe & model gitar.

- ‘Suara Gitar tidak pernah berbohong… mainkanlah dan dengarkanlah.., namanya aja Gitar, yang dinikmati & didengar pasti suaranya kan..  Buat apa punya gitar merk Terkenal nan Mahal tapi cuma jadi pajangan dan menimbulkan Kepuasan & kebanggaan Psikologis saja.

- Kualitas kayu & spare part.

Tips memilih / membeli gitar listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda:

1. Pilihlah badan / body gitar listrik yang sesuai dengan suara yang ingin kamu hasilkan.

- Solid Body : Jika kamu ingin gitar yang oke dalam segi Sustain, penggunaan efek gitar, atau tingkat amplifikasi yang keras, maka yang kamu butuhkan adalah gitar dengan badan yang solid (keras ).

- Kalau kamu ingin gitar yang menghasilkan akustik yang bagus dengan tingkat amplifikasi yang tinggi, maka kamu memerlukan gitar dengan badan yang semi hollow (agak hampa). Dan apabila kamu ingin electric guitar yang mengasilkan “jazzy” sound atau bergaya jazz, maka kamu membutuhkan badan gitar yang hollow ( hampa / kopong, kosong ) seperti gitar dibawah ini.

 

Electric Guitar

 

2. Konstruksi gitar :

- Bold On :

- Set Neck :

- Neckthru :

3. Sesuaikan guitar’s neck/ leher gitar dengan tangan / genggaman tangan kamu. Carilah gitar listrik yang bagian lehernya nyaman untuk dipegang dan tidak menimbulkan rasa pegal di pergelangan tangan.

4. Perhatikan jarak antara fretboard dengan string ( tali gitar ). Apabila kamu ingin gitar listrik yang mampu mencapai tangga nada yang tinggi, maka kamu harus memilih gitar listrik yang memiliki jarak antara fretboard dengan tali gitar agak jauh. Semakin jauh jarak antara fret dengan tali gitar maka semakin tinggi nada dan pitch yang dapat dicapai gitar tersebut.

5. Pemilihan jumlah fret juga penting apabila kamu sering main di oktaf tinggi. Bila kamu sering memainkan oktaf tinggi pada saat melody, maka kamu membutuhkan gitar dengan fret 24. Apabila kamu hanya memainkan rhythm guitar, maka kamu hanya memerlukan gitar dengan fret 22.

6. Pickup sangat penting dalam artikulasi suara yang dihasilkan. Biasanya gitar listrik memiliki 2 pickup dimana pickup pertama ( dekat dengan neck ), menghasilkan suara yang lebih tebal. Sedangkan pickup kedua ( yang dekat bridge ) lebih cenderung kearah treble. Pemilihan 5 way selector switch akan membantu kamu dalam merubah suara yang dihasilkan ( dicampur antara suara yang tebal dengan suara yang treble )

7. Jenis Bridge juga memainkan peranan penting dalam suara yang ingin kamu hasilkan. Ada 2 jenis bridge yang sering kamu temukan pada gitar-gitar listrik ; yang pertama adalah Tremolo Bridge ( whammy bar). Disini kamu bisa melakukan bending pada semua tali gitar bersamaan ( cocok untuk musik rock / metal ) tapi dapat berefek pada tali gitar yang keluar dari nada / fals ( out of tune). Jenis bridge kedua adalah Stoptail bridge dimana kamu akan merasa aman dengan setiap tune yang kamu mainkan karena nada yang kamu inginkan tidak akan keluar dari jalur. Dengan jenis bridge terakhir ini kamu bisa menghasilkan suara yang lebih sustain.

8. Pemilihan wood / kayu yang dipakai untuk gitar listrik juga penting, karena tiap kayu menghasilkan jenis suara yang berbeda-beda dan berat yang juga bervariasi. Kayu yang mahal belum tentu menghasilkan suara yang maksimal / bagus. Semuanya tergantung kenyamanan pada saat kamu memainkan gitar tersebut.

9. Intonasi dari gitar tersebut akan menunjukkan kualitas dari gitar itu sendiri. coba saja periksa nada yang dapat dicapai oleh gitar tersebut dan perhatikan suaranya ; apakah keluar dari nada atau tidak. Apabila nada yang dicapai tidak sesuai dengan nada yang seharusnya ( nada tersebut mati / keluar ( out of tune ), maka gitar tersebut tidak direkomendasikan untuk dipakai dalam suatu rekaman atau performance.

About these ads
  1. Oktober 23, 2010 pukul 1:35 pm

    contohnya gitar melody merek apa yg murah tapi bagus ??

  2. Agustus 28, 2012 pukul 7:13 pm

    pengen gitar gibson yg seken asli murah dan bagus??

  3. Maret 8, 2013 pukul 4:50 am

    Your method of describing everything in this post is genuinely fastidious,
    every one be capable of without difficulty know it, Thanks a lot.

  4. Maret 23, 2013 pukul 12:18 am

    But the rest of the bunch, into the freezer they
    go. This mask can be used often, as it does not aggravate the skin.
    cup cold water, and one package of unflavored gelatin mix.

  5. Mei 16, 2013 pukul 3:35 am

    Ahaa, its fastidious discussion concerning this post at this place at this web site, I have read all
    that, so now me also commenting here.

  6. Mei 18, 2013 pukul 6:34 am

    Past research has also shown that it protects against chemical
    induced inflammation of liver cells. Cough and colds was never an
    issue as curcumin effectively relieves the throat from
    this bacterial infection. An eighteen month treatment based
    on turmeric extracts brought considerable relief to the
    unpleasant symptoms of skin cancer.

  7. Juli 12, 2013 pukul 8:49 pm

    Admiring the persistence you put into your blog and in depth information you offer.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same out of date
    rehashed information. Great read! I’ve bookmarked your site and I’m including your
    RSS feeds to my Google account.

    http://www.qa-cbac.com/moodle/user/view.php?id=33753&course=1

  8. Juli 12, 2013 pukul 11:27 pm

    Attractive component of content. I just stumbled upon your blog and in accession
    capital to claim that I acquire in fact loved
    account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing to your augment or even I fulfillment you access consistently fast.

  9. Juli 17, 2013 pukul 6:01 pm

    Hello, i believe that i noticed you visited my website
    thus i got here to go back the want?.I’m attempting to find issues to enhance my site!I guess its ok to make use of some of your ideas!!

  10. Oktober 4, 2013 pukul 1:04 pm

    No matter if some one searches for his vital thing, therefore he/she wants to be
    available that in detail, therefore that thing is maintained over here.

  11. April 17, 2014 pukul 11:31 am

    Klo gitar godin solidac cocok gak buat fusion mas?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: